Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Lahat Jalin MoU bersama STIT Lahat

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Lahat Jalin MoU bersama STIT Lahat

LAHAT, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lahat mengadakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan penandatangan MoU bersama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Lahat pada hari Minggu (20/11/22) di Hotel Calista Lahat.

Sosialisasi partisipatif dengan perguruan tinggi serta penandatangan MOU pengawasan partisipatif diharapkan mampu menjadikan pemilu di Kabupaten Lahat menjadi lebih efektif, karena dengan keikutsertaan perguruan tinggi dalam melakukan pengawasan dianggap netral, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya.

Andra menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Lahat tidak dapat bekerja sendiri sehingga butuh kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Lahat sendiri. “Bawaslu selalu berbicara soal pengawasan partisipatif, karena sesungguhnya pemilu adalah milik kita bersama. Maka sistem kerja kolaborasi tidak bisa dihindarkan. Penyelenggara pemilu tidak bisa berdiri sendiri termasuk kontestan, seluruhnya harus terkoneksi. Maka kolaborasi ini menjadi penting, Ini merupakan salah satu bentuk komitmen Bawaslu dalam melibatkan seluruh stakeholder, khususnya Perguruan Tinggi, dalam penyelenggaraan pemilu partisipatif” Tegas Andra.

Sementara itu, Ketua STIT Lahat, Drs. Taufik Sakni, M.Pd.I, menantikan program-program kerjasama yang bisa diimplementasikan pasca penandatanganan MoU. “Ini merupakan langkah awal yang baik dalam penerapan Tridharma perguruan tinggi. Kami berharap dengan kerjasama ini STIT Lahat bisa berkontribusi langsung dalam mengawasi proses demokrasi di wilayah Kabupaten Lahat” imbuhnya.

Pada kesempatan lain, Anggota Bawaslu Kabupaten Lahat, Sismawati, SE, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak perguruan tinggi STIT Lahat atas terselenggaranya kegiatan MoU ini karena melibatkan perguruan tinggi sebagai partner dalam melakukan pengawasan partisipatif. “Ini merupakan awal yang sangat baik dalam menyambut tahapan pemilu serentak. Semoga kedepan kualitas demokrasi di Kabupaten Lahat menjadi lebih demokratis dan berkualitas” tutupnya.