Lompat ke isi utama

Berita

Siap Laksanakan Tugas, 72 Orang Panwascam Se- Kabupaten Lahat Resmi Dilantik.

Siap Laksanakan Tugas, 72 Orang Panwascam Se- Kabupaten Lahat Resmi Dilantik.

Sebanyak 72 anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) unuk 24 Kecamatan  Se-Kabupaten Lahat resmi dilantik, Pelantikan panwascam ini dilaksanakan di Ballroom Hotel The Grans Lahat pada Senin (29/10/22).

Pelaksanaan pelantikan 72 Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan di 24 Kecamatan Sekabupaten Lahat dihadiri secara langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, unsur Forkompinda Lahat, Ketua KPU Kabupaten Lahat, Bupati Lahat yang diwakili Kepala Kesbanpol Kabupaten Lahat, Perwakilan TNI/Polri, Dinas Dukcapil Lahat, Pengadilan Negeri dan para Camat Sekabupaten Lahat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 72 orang anggota Panwascam terpilih, dilaksanakan oleh Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd. Panwascam yang sudah dilantik, nantinya siap bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilihan DPR,DPD,  dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024, focus panwascamlebih kepada ranah untuk pengawasan dan pencegahandan memastikan kode etik penyelenggara pemilu harus dikedepankan, tugas pengawas pemilu berat  jika pihaknya tidak bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada. “Alhamdulillah Selamat, hari ini sahabat kami jajaran pengawas pemilu ditingkat kecamatan sudah dilantik, dengan demikian, Panwascam merupakan perpanjangan tangan kami untuk melaksanakan tugas pengawasan dan penindakan di wilayah kecamatan, dan kami mintak kepada panwascam yang sudah dilantik agar mengedepankan Asas Pemilu, bersifat lah prosfesional dan selalau menjaga Kode etik kepemliuan”. Ujarnya.

Selanjutnya, Sambutan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Koordiv SDM, Organisasi dan Diklat  Kurniawan, S.Pd menambahkan pasca dilantik, pihaknya berharap Panwascam dapat menjalankan tugas dengan amanah dan baik lakukan koordinasi dgn Bawaslu Kabupaten. "Anggota Panwascam yang dilantik ini berdasarkan hasil nilai tes murni, kedepan lakukan tugas dengan amanah dan baik karena kedepan akan semakin banyak hal yang harus dihadapi terkait masalah kepemiluan diwilayah masing-masing". terangnya.

Ditempat yang sama mewakili Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam hal ini diwakili oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Lahat, Surya Desman menyampaikan Ucapan permohonan maaf Bupati Lahat yang tidak bisa hadir secara langsung dalam pelantikan Panitia Pengawas pemilihan umum Kecamatan Se-Kabupaten Lahat dikarenakan beliau masih berada diluar kota untuk urusan kerja. Selain itu sambungya lagi, Bahwa Bupati Lahat Cik Ujang berpesan pada semua Panitia Pengawas pemilihan umum Kecamatan Se-Kabupaten Lahat yang sudah dilantik agar dapat bekerja dengan amanah dan jujur. Sebagai Panwascam, tentunya banyak tugas yang akan dilaksanakan nantinya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu atas pelaksanaan pelantikan ini dan kedepan diperlukan koordinasi dan sinergitas dari seluruh pihak terkait agar kondusifitas di Kabupaten Lahat dapat kondusif, tugas pengawas pemilu ialah mengawasi proses tahapan pemilu, lakukanlah tugas dengan baik karena disisi lain kerja pengawas pemilu juga diawasi”. Ujar Surya Desman.

Diakhir kegiatan pemberian ucapan selamat di lanjutkan dengan prosesi photo bersama seluruh Anggota Panwascam yang sudah dilantik, Para Camat, Unsur Folkompinda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Lahat beserta Anggota, Perwakilan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan.