Lompat ke isi utama

Berita

Segera bentuk Pengawas Kelurahan/Desa untuk Pemilu 2024, Bawaslu Lahat ikuti rapat juknis dan pedoman di Manado

Segera bentuk Pengawas Kelurahan/Desa untuk Pemilu 2024, Bawaslu Lahat ikuti rapat juknis dan pedoman di Manado

MANADO, Bawaslu Lahat – Ketua Bawaslu Lahat melalui Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Andi Joni Fansya hadiri kegiatan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Juknis Pembinaan dan Finalisasi Pedoman Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa yang diselenggarakan Bawaslu Republik Indonesia bertempat di Sintesa Peninsula Hotel Manado, pada hari Selasa (27/12/2022).

Dalam sambutannya membuka acara, Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menuturkan sosialisasi pembentukan PKD akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Sebagai langkah awal pembentukan Panwaslu Keluruahan/Desa,  dipersiapkan pedoman dan teknis yang baik sehingga proses pembentukan dapat terlaksana sesuai aturan yang berlaku. Hasil rapat ini akan kita sosialisasikan pada awal tahun sehingga PKD akan segera kita bentuk" ujar Herwyn.

Dalam kesempatan serupa, turut hadir mantan Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dan memberikan masukan terkait penggunaan teknologi dalam rekrutmen  PKD yang akan berlangsung nanti.

"Penggunaan teknologi harus menjadi point utama dalam rekrutmen PKD agar lebih efektif dalam hal penyebaran informasi"tutur Fritz Anggota Bawaslu periode 2017-2022 itu.

Pembinaan dan evaluasi harus dilakukan bukan karena suka atau tidak suka, tetapi pembentukan harus memiliki standar yang telah ditetapkan dengan merujuk ke peraturan yang berlaku. Dalam melaksanakan pembinaan sebaiknya jajaran pengawas pemilu menghindari konflik antar sesama karena akan menjadi hambatan dan melemahkan kepercayaan publik pada penyelenggara pemilu.