Lompat ke isi utama

Berita

Presiden Joko Widodo menekankan empat hal agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil

Presiden Joko Widodo menekankan empat hal agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil

JAKARTA, BAWASLU LAHAT – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka secara resmi kegiatan Konsolidiasi Nasional Bawaslu dengan tema “Memantapkan Kinerja dan Soliditas Pengawas Dalam Mengawasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024”, yang diselenggarakan Bawaslu Republik Indonesia, di Hotel Bidakara Jakarta, pada hari Sabtu, 17/12/2022.

Pada kegiatan Konsolidasi Nasional tersebut turut hadir bersama Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Lahat bersama Sekretariat melengkapi semarak kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Joko Widodo menyampaikan bahwa Pengawasan Pemilu menempati posisi yang sangat sentral dalam membangun Pemilu yang berkualitas serta menghasilkan Pemilu yang dapat dipercaya oleh seluruh Rakyat Indonesia, “sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, kita harus mempersiapkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, serta dilanjutkan dengan Pilkada serentak yang dilaksanakan di tahun yang sama.” Imbuhnya.

Presiden Joko Widodo menekankan empat hal agar Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil. Pertama kata dia, memetakan segera potensi masalah dan berbagai kemungkina terjadinya pelanggaran. Kedua, kata dia, fokus pada upaya pencegahan dan jangan hanya bekerja saat terjadi pelanggaran. Ketiga, kata Jokowi, bekerja cepat, responsif dan selalu berada pada koridor hukum. "(Bawaslu harus mampu) merespon pengaduan dengan cepat, menindak dan menyelesaikan berbagai pelanggaran dengan tegas. Tidak usah ragu-ragu, pegang teguh integritas, lakukan secara adil, dan tidak memihak, terakhir, ujar dia, libatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya, gencarkan pendidikan politik. "Literasi dan partisipasi masyarakat untuk menjaga pemilu yang berintegritas, berkualitas. Terlebih, partisipasi masyarakat ini akan mempermudah tugas Bawaslu," ungkapnya.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam penyampaiannya pada saat acara mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang telah menyempatkan hadir pada kegiatan konsolnas Bawaslu 2022, ini menandakan demokrasi kita akan sejalan dan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan insyaallah akan didukung pemerintah, ujar Bagja.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah ketika dihubungi mengapresiasi kegiatan tersebut, kegiatan tersebut memberikan semangat dalam rangka meningkatkan soliditas diantara jajaran pengawas pemilu, dan memberikan motivasi lebih bagi jajaran pengawas, terutama jajaran Bawaslu Kabupaten Lahat, tutur Pemuda alumni Universitas Muhammadiyah Palembang tersebut.