Lompat ke isi utama

Berita

PERSIAPAN PEMBENTUKAN GAKKUMDU, BAWASLU LAHAT SILATURAHMI KE POLRES LAHAT

PERSIAPAN PEMBENTUKAN GAKKUMDU, BAWASLU LAHAT SILATURAHMI KE POLRES LAHAT

Bawaslu Lahat - Tahapan pemilu 2024 telah dimulai, Bawaslu sebagai pengawas pemilu terus berkoordinasi dengan para stakeholder sesuai perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pada pasal 486 mengatur pembentukan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Pembentukan Gakkumdu dalam rangka menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana Pemilu antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Maka Bawaslu Kabupaten Lahat melaksanakan silaturahmi dan Koordinasi dengan Kapolres Lahat terkait pembentukan sentra Gakkumdu Pemilu 2024 mendatang. Dalam Audiensi tersebut, Rombongan Bawaslu Lahat di temui langsung oleh Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K dan Kasat Intel Polres Lahat AKP Mulyono,SH.  Rabu, (3/8/22)

Turut hadir dalam koordinasi dari tersebut, rombongan Bawaslu Kabupaten Lahat meliputi Ketua, Anggota, Koordinator Sekretariat dan beberapa staf. Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah, S.Pd.,M.Pd, sebelum menyampaikan pemaparan persiapan pengawasan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang, namun hal awal yang disampaikan yaitu perkenalan dari unsur pimpinan Bawaslu Lahat terlebih dahulu.  "Pertemuan perdana ini sekaligus perkenalan kami dan pimpinan Bawaslu Lahat lainnya dan sekaligus silaturahmi  memperkuat sinergitas antara Bawaslu Lahat dan Polres Lahat dalam pembentukan sentra Gakkumdu Pemilu Tahun 2024 mendatang," kata Andra.

Lebih dalam, kedatangan Bawaslu Kabupaten Lahat juga membahas terkait upaya-upaya dan pemetaan potensi kerawanan dalam perhelatan Pemilu Tahun 2024 yang mana diperlukan kolaborasi antara Bawaslu dan Kepolisian dalam mitigasi kerawanan Pemilu sebagai upaya pencegahan terhadap dugaan pelanggaran.

Pertemuan ini berlangsung hangat, dimana masing-masing instansi menceritakan problematika dan pengalaman-pegalaman di Pemilu sebelumnya. Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K. juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dari Komisioner Bawaslu Lahat ke Polres Lahat, terkait pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 kita berusaha bekerja sama dan sama – sama bekerja agar sesuai kompetensinya, yang mana rangkaian kegiatan Tahapan 2024 sangat panjang sehingga diperlukan sinergitas bersama sejak awal dan diharapkan dalam pelaksanaanya nanti jangan sampai terjadi hal-hal yang tak baik sehingga melemahkan masing-masing lembaga, Tutur Kapolres Lahat. “Dengan adanya kegiatan silaturahmi ini kita harapkan dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan tahapan pemilu 2024 yang sudah mulai ini dapat berjalan dengan baik dan dalam rencana pembentukan Sentra Gakkumdu Kabupaten Lahat dapat terlaksana dan berperan seperti yang kita harapkan,” Tutup Kapolres Lahat.

Selanjutnya Bawaslu Lahat diarahkan Kapolres untuk silakan berkoordinasi dengan Kasat Reskrim selaku penanggung jawab Gakkumdu dari unsur kepolisian, “silakan setelah ini, bapak-ibu sekalian untuk diagendakan ngobrol bersama Pak Kasat Reskrim, beliau yang nantinya akan berperan dalam Gakkumdu dari unsur Kepolisian” Ucap Kapolres AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K.

Diskusi dilanjutkan dengan pembahasan persiapan Sentra Gakkumdu, penanganan pelanggaran pemilu dan membahas beberapa hal terkait pengisian personil Sentra Gakkumdu. Diakhir diskusi, Andra memberikan tanggapan bahwa kendala teknis terkait penanganan pelanggaran pemilu tersebut memang perlu diantisipasi sedini mungkin sebelum adanya proses dugaan pelanggaran. Seperti penyamaan persepsi antar anggota Gakkumdu pada setiap lembaga. Kedepan kami akan melakukan rapat koordinasi Sentra Gakkumdu untuk masing-masing intansi agar terlibat secara langsung.