Lompat ke isi utama

Berita

Perkuat Sinergitas, Bawaslu Lahat lakukan audiensi ke Kejari Lahat

Perkuat Sinergitas, Bawaslu Lahat lakukan audiensi ke Kejari Lahat

BAWASLU LAHAT – Menghadapi tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang, Bawaslu Lahat lakukan audiensi dan berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Lahat. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Kepala Kejaksaan Negeri Lahat, Selasa (26/07/2022).

Kedatangan Bawaslu Lahat dalam rangka Audiensi dan menjalin silahturahmi dengan pihak Kejaksaan Negeri Lahat dan juga melakukan koordinasi dalam rangka kesiapan rencana tugas-tugas penegakkan hukum tindak pidana pemilu pada Pemilu dan Pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2024 mendatang. Hal ini perlu dilakukan untuk membangun sinergi antar lembaga yang masuk dalam Sentra Gakkumdu, yang nantinya melibatkan Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd yang didampingi oleh masing-masing Koordiv, Sepsata Andrian, SE.,MH, Andi Joni Fansyah,S.Pd.,M.Si, Paigal Firdaus,SP.,MH dan Sismawati,SE serta dari koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Lahat Amrul Husni,S.Pd.I. Andra mengatakan akan selalu bekerjasama terkait penegakan hukum dengan Kejaksaan Negeri Lahat. Bawaslu Lahat juga akan belajar dari kegiatan pemilihan umum sebelumnya, sehingga kedepan akan semakin baik dalam penegakkan hukum tindak pidana pemilu pada Pemilu dan Pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2024 mendatang.

Ditambahkan oleh Paigal Firdaus, SP.,MH. selaku Koordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Lahat, beliau berharap nantinya akan terus dapat bersinergi dengan Kejaksaan Negeri Lahat, khususnya dalam hal penanganan pelanggaran pidana Pemilu yang ditangani oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang sudah terbentuk nanti.

Dalam kesempatan serupa, Sepsata Andrian,SE.,MH selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin menyampaikan, bahwa perintah pembentukan Sentra Gakkumdu pada pemilihan 2024 masih menunggu surat dari Bawaslu RI imbuhnya. Dan sekarang kita silaturahmi dan menyampaikan surat permintaan data personil terlebih dahulu, nantinya setelah ada turunan dari Bawaslu pusat dan Bawaslu Provinsi barulah kita adakan rakor kesiapan dari masing-masing lembaga.

Kepala Kejaksaan Negeri LahatNilawati, S.H., M.H didampingi oleh Kepala Seksi Intelijen Faisyal Basni, S.H menerima audiensi Bawaslu Lahat. Senada dengan Bawaslu Lahat, Kepala Kejaksaan Negeri Lahat Nilawati, SH.,MH berharap adanya sinergi yang baik antara seluruh unsur dalam sentra Gakkumdu dalam proses penanganan pelanggaran pidana pemilu nantinya. Salah satunya berharap agar setiap kasus dapat dikawal secara bersama-sama di setiap tahapan hingga proses eksekusi. “Perlu ditingkatkan kerjasama yang sudah berjalan agar tidak menimbulkan akses dan kritik di masyarakat,” tutur Ibu Kajari Lahat.

Penguatan dan persamaan persepsi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi, peningkatan kapasitas SDM antar lembaga, dan menjalin komunikasi yang baik antara intansi penegak hukum pemilu sehingga sinergitas Sentra Gakkumdu sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, dengan harapan penanganan tindak pidana pemilu ini dapat secara efektif dijalankan sesuai amanat peraturan perundang-undangan.

 

#humasbawaslulahat