Lompat ke isi utama

Berita

Masyarakat antusias ikut daftar PANWASLU Kecamatan Se- Kabupaten Lahat.

Masyarakat antusias ikut daftar PANWASLU Kecamatan Se- Kabupaten Lahat.

Sebanyak 643 orang melamar sebagai calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se-Kabupaten Lahat. Pelamar terdiri dari 483 laki-laki dan 160 perempuan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, melalui Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kecamatan tahun 2022,Andi Joni Fansyah, S.Pd.,M.Si sekaligus Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Lahat mengatakan, bahwa panitia telah menerima sebanyak 643 berkas dokumen persyaratan pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan  Se- Kabupaten Lahat dan nantinya semua berkas akan dilakukan penelitian kelengkapan., Sabtu, 08 Oktober 2022. 

Penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan dibuka pada Rabu 21 September dan berakhir Selasa 27 September, dan dilanjutkan dengan perpanjangan penerimaan berkas pendaftaran dari 2-8 Oktober 2022 dikarenakan ada beberapa kecamatan yang pedaftar keterwakilan perempuan kurang dari 30%. Berkas-berkas tersebut telah disampaikan pelamar, baik secara langsung maupun via pos. Sesuai timeline selanjutnya, berkas pendaftaran dari para pelamar ini selanjutnya akan dilakukan penelitian kelengkapan administrasi.

Sesuai jadwal dan tahapan pembentukan Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Lahat, hal serupa juga dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Mulai dari pendaftaran berkas persyaratan calon anggota Panwaslu kecamatan hingga kelak diumumkan 3 orang anggota Panwaslu Kecamatan terpilih."Kita melihat antusias masyarakat cukup tinggi untuk berpartisipasi menjadi pengawas Pemilu di tingkat kecamatan. Mudah-mudahan melalui seleksi ini akan terpilih pengawas Pemilu kecamatan yang berintegritas dan profesional," imbuh Ketua Pokja saat diminta keterangan.

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diikutsertakan pada tahapan seleksi selanjutnya. Ujian tertulis/CAT dijadwalkan antara 14 s.d 16 Oktober 2022.