Lompat ke isi utama

Berita

Logistik Pemilu 2019 tiba di Kabupaten Lahat, Bawaslu lakukan pengawasan ketat

Logistik Pemilu 2019 tiba di Kabupaten Lahat, Bawaslu lakukan pengawasan ketat

Lahat, - Pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di Kabupaten Lahat dipastikan akan mendapat pengawasan ketat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Andra mengungkapkan, alasan pengawasan ketat tersebut, tak lain mengacu pada Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Salah satu poinnya menerangkan persoalan pengawasan pendistribusian logistik yang wajib dilakukan oleh Bawaslu secara langsung dan melekat.

“Pengawasan logistik ini sifatnya wajib, untuk saat ini kami pastikan pengawasannya ekstra ketat, dan kita pastikan apakah surat suara masuk sesuai dengan jumlah yang ditentukan”, ujarnya saat melakukan pengawasan di Kantor KPU Kabupaten Lahat, Senin (18/3/19).

Andra menyebutkan logistic yang masuk pada hari senin, (18/03/19) adalah lampiran C1 DPD dan C1 Calon Presiden dan wakil Presiden serta surat suara peserta Pemilu 2019 baik surat suara pemilihan Capres dan Wapres, DPRRI, DPDRI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Pembongkaran logistic Pemilu di KPU Kabupaten Lahat di awasi Oleh Bawaslu dan disaksikan oleh pihak kepolisian, Kesbangpol serta media masa.

Di sisi lain, bentuk upaya Bawaslu dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar yang merupakan kewajiban penyelenggara. Andra menuturkan bahwa Bawaslu dan jajaran akan intens melakukan pengawasan di setiap tahapan. Sehingga di lapangan nantinya semua dapat terakomodir dengan baik dari segala informasi yang masuk ke Bawaslu.

Bawaslu juga meminta KPU memastikan seluruh logisitik telah tersedia sebelum hari pelaksanaan pemungutan suara, sehingga pada H-2 pendistribusian logistik untuk kecamatan terjauh sudah dilakukan dan tidak mengalami keterlambatan. "Kami harapkan jika ada permasalahan terkait logistic, sekiranya KPU dapat segera melakukan koordinasi ke Bawaslu" pungkasnya.