Lompat ke isi utama

Berita

Libatkan media dalam pengawasan dan sosialisasi Pemilu 2024 di Kabupaten Lahat

Libatkan media dalam pengawasan dan sosialisasi Pemilu 2024 di Kabupaten Lahat

LAHAT- Bawaslu Kabupaten Lahat melaksanakan kegiatan Rapat Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Kabupaten Lahat, dengan tema Peran Serta Media Dalam Mensukseskan Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak tahun 2024, di Hotel Callista Lahat, Jum’at (18/11/ 22).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Organisasi Wartawan dan Media di Kabupaten Lahat, kegiatan tersebut  menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber antara lain  Sekretaris Dinas Kominfo Lahat Ikhsan Fadli, S.IP., MM,  Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Lahat Faisal Basni, SH, dan Ketua PWI Lahat Ishak Nasroni.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd dalam sambutan pembukaan kegiatan ini menyampaikan bahwa rapat fasilitasi dan pembinaan ini merupakan program Bawaslu Kabupaten Lahat di Tahun 2022 yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Bawaslu Kabupaten Lahat dan Peran Media dalam hal pengawasan Pemilu 2024.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi manfaat bagi kita semua untuk berbagi ilmu, informasi, pengalaman dan pengetahuan terkait pengawasankepemiluan serta menjadi moment kepada para media dalam mensosialisasikan pengawasn untuk menekan pelanggraran dalam Pemilu 2024 mendatang”, ujarnya dalam sambutan mengawali kegiatan.

Hal senada disampaikan Sepsata Andrian,SE.,MH selaku Koordiv yang membidangi Kehumasan, tahapan pemilu saat ini tengah berjalan, sekarang di tahap verifikasi partai politik. Dari tahapan ini saja, sudah banyak temuan yang didapat Bawaslu. Salah satunya banyak nama yang dicatut yang diketahui dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Hal ini jika tidak diawasi akan jadi permasalahan ketika menentukan daftar pemilih tetap (DPT). “Makanya keinginan kita, sama-sama lakukan pengawasan. Cek nama di Sipol, jika tidak terdaftar, segera melapor,” katanya.

Kegiatan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Kabupaten Lahat, bertema“Peran Serta Media Dalam Mensukseskan Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak tahun 2024” ini diikuti sebanyak 45 orang peserta yang terdiri 5 organisasi kewartawanan di Kabupaten Lahat diantaranya, PWI, SMSI, PJS, AWDI dan JMSI serta Narasumber dan Panitia penyelenggara dari Bawaslu Kabupaten Lahat sendiri.