Lompat ke isi utama

Berita

Lahat masuk kategori Rawan Sedang dalam Indeks Kerawanan Pemilu 2024

Lahat masuk kategori Rawan Sedang dalam Indeks Kerawanan Pemilu 2024

JAKARTA, BAWASLU LAHAT – Anggota Bawaslu Kabupaten Lahat Sepsata Andrian, SE.,MH mengikuti kegiatan peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dipaparkan oleh Bawaslu dalamLaunching Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak di Redtop Hotel and Convention Center- Jakarta, pada Jumat (16/12/2022).

Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang telah dirangkum merupakan segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses Pemilu/Pemilihan yang demokratis. IKP ini bertuan untuk memetakan potensi kerawanan di 34 provinsi dan 514 kab/kota di Indonesia. Pendataan IKP dilaksanakan untuk melakukan proyeksi dan deteksi sejak dini serta menjadi basis untuk program pencegahan dan pengawasan yang akan dilakukan.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menyampaikan bahwa IKP ini merupakan hal yang penting karena akan menjadi parameter untuk mengukur pelaksanaan Pemilu dapat berjalan sehat ataupun tidak. Bawaslu selalu mengedepankan upaya pencegahan agar pesta demokrasi Pemilu 2024 minim pelanggaran. “kedepan kita tekankan dan minimalisir politisasi SARA, hoax, dan kampanye hitam”, Ujar Bagja.

Senada disampaikan Anggota Bawaslu RI, Loly Suhenti dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa penyelenggara baik KPU, Bawaslu, dan DKPP harus bersinergi agar pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 berjalan dengan demokratis dan sesuai harapan bersama.

Hasil IKP Bawaslu menunjukkan bahwaKabupaten Lahat masuk pada skor 17.95dimana hal tersebut menentukan Kabupaten Lahat masuk kategori rawan sedang. Penetapan kategori tersebut berasal dari hasil pengisian instrumen yang telah diisi oleh Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Indeks Kerawanan Pemilu disusun oleh Bawaslu sebagai early warning system untuk mengetahui letak kerawanan serta memetakan potensi pelanggaran yang dapat mengganggu serta menghambat jalannya Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd melalui Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Anggota Bawaslu Kabupaten Lahat Sepsata Andrian, SE.,MH,menyampaikan, bahwa Bawaslu Kabupaten Lahat akan bergerak cepat melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholders untuk melakukan upaya pencegahan dan langkah strategi ke depan."Tujuannya untuk dapat menekan potensi pelanggaran yang dapat terjadi pada Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten Lahat.