Lompat ke isi utama

Berita

Ketua BAWASLU RI terima Cendera Mata khas Lahat

Ketua BAWASLU RI terima Cendera Mata khas Lahat

Bawaslu Lahat-Dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan melakukan Rapat Koordinasi Kesiapan Pengawasan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Meskipun pemilu masih dianggap lama lagi, namun Bawaslu Sumsel perlu mempersiapkan pengawasan dalam menyongsong pemilu 2024 tersebut.  (15/3).

Dalam kegiatan tersebut, Turut hadir ketua Bawaslu RI,Abhan, Ketua dan Anggota Bawaslu Sumatera Selatan, Kepala Sekretariat Provinsi Sumsel, para Kabag serta Seluruh Ketua, angggotadan Koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan.

Pemilu adalah pekerjaan yg sangat berat, ditambah lagi kadang kadang permasalahan internal muncul dalam perjalanan. Maka dengan tidak ada Pemilu dan Pemilihan bukan kita tidak bekerja, tapi kita melakukan cooling down untuk menyambut Pemilu dan pemilihan di 2024 mendatang agar energi kita terisi penuh, kita harus semangat dalam menghadapi pesta demokrasi yang sudah didepan mata. Ungkap Iin Irwanto,S.T.,M.M Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dalam sambutan di acara rakor Kesiapan Pengawasan Pemilu Dan Pemilihan Serentak 2024

Kehadiran Ketua Bawaslu RI, Abhan ke bumi Sriwijaya merupakan agenda silaturahmi pada akhir masa jabatan beliau. Dimana pada bulan april mendatang merupakan terakhir beliau menjabat sebagai ketua Bawaslu RI.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Lahat, Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd didampingi anggota Bawaslu Lahat, Sepsata Andrian, S.E., M.H, Paigal Firdaus, S.P.,M.H, Andi Joni Fansyah, S.Pd dan Sismawati, S.E. memberikan cendera mata sebagai apresiasi dan kenang-kenangan dari Kabupaten Lahat yaitu Batik Serelo Lahat dan Kopi Khas Lahat.

Semoga cendera mata dan kenang-kenangan ini dapat membuat beliau ingat akan Kabupaten Lahat, Bumi Seganti setungguan bumi yang kaya dengan wisata alam dan terkenal dengan sebutan Negeri seribu megalit.

Dalam sambutannya, Abhanmenyampaikan, Saya berada di ujung masa jabatan saya di 11 April 2022, walaupun saya tidak di Bawaslu lagi tapi tali silaturahmi tetap berjalan.Pemilu dan pemilihan 2024 telah di tetapkan, menungguPKPUtentang tahapan. Normatif tahapan pemilu setidaknya 20 bulan sebelum pemungutan suara, jadi perkiraan tahapan pertama adalah di bulan juni 2022 mendatang, masih sekitar 3 bulan lagi sejak sekarang. Maka perlu persiapan sedini mungkin, yaitu kesiapan sekretariat yg merupakan suporting sistem.. Agar tugas Bawaslu berlangsung suksesmaka mereka perlu bersinergi.

Menurutnya saat ini tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Bawaslu mencakup empat hal yakni Pencegahan, Pengawasan, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa. Sekretariat memiliki peran yang sangat penting dalam memfasilitasi kebutuhan pimpinan dalam hal kerja-kerja pengawasan. Sekretariat tidak hanya mengurus administrasi saja tetapi juga harus mampu mensupport tugas-tugas komisioner.

Penulis: Heri,
Fotografer: Bobby (Humas Bawaslu Sumsel)
Editor: .