Lompat ke isi utama

Berita

HARI TERAKHIR PENDAFTARAN, BAWASLU LAHAT AWASI LANGSUNG PENDAFTARAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI LAHAT

Pendaftaran Bupati Hari Terakhir

Pengawasan Langsung Hari Terakhir Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat Tahun 2024

Lahat, Bawaslu Lahat – Berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan Dan Jadwal Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Serta Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2024, Pendaftaran Pasangan Calon akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus 2024. Tanggal 29 agustus 2024 merupakan Hari terakhir pendaftaran Calon Buapti dan Wakil Bupati Lahat, Ketua dan Anggota Bawaslu Lahat terus melakukan pengawasan langsung dan melekat proses tahapan pendaftaran Calon Kepala Daerah Kabupaten Lahat di KPU Kabupaten Lahat, Kamis (29/8/2024).

Dihari terakhir Pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat terdapat dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kabupaten Lahat yaitu pasangan Bursah Zarnubi bersama Widia Ningsih serta pasangan Yulius Maulana bersama Budiarto Marsul.

Bawaslu Lahat yang diketuai oleh Nana Priana dan didampingi oleh empat Anggota Bawaslu lainnya melakukan pengawasan langsung proses pendaftaran dan penyerahan dokumen syarat pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Lahat serta memastikan bahwa KPU menjalankan tugas sebagaimana diatur dalam ketentuan PKPU Nomor 10 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat, Bursah Zarnubi dan Widya Ningsih diusung oleh 3 (tiga) Partai Politik yaitu Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golongan Karya, dan Partai Perindo.

Pendaftaran bupati hari terakhir 1.

Sementara Pasangan Yulius Maulana dan Budiarto Marsul diusung oleh 4 (empat) Partai Politik yaitu Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Persatuan Pembangunandan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan berkas oleh KPU Kabupaten Lahat dan pencermatan yang dilakukan pada SILON, Dokumen Pesyaratan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat dari pasangan Bursah Zarnubi bersama Widia Ningsih serta pasangan Yulius Maulana bersama Budiarto Marsul dinyatakan lengkap dan kemudian diberikan formulir Model Tanda Terima.KWK serta surat pengantar pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Pemeriksaan kesehatan untuk Pasangan Zarnubi bersama Widia Ningsih serta pasangan Yulius Maulana bersama Budiarto Marsul akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 31 Agustus 2024

Sebagai informasi tambahan Bawaslu Kabupaten Lahat juga menggunakan metode tambahan dalam psoses pengawasan yaitu dengan melakukan pengawasan tidak langsung, pengawasan ini menggunakan metode pengawasan melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon)

Penulis: Ys
Foto: Humas Bawaslu Lahat