Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lahat Gelar Sosialisasi Peraturan Pengawasan Penyelenggara Pemilu 2024

Bawaslu Lahat Gelar Sosialisasi Peraturan Pengawasan Penyelenggara Pemilu 2024

Pagar ALam -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat menggelar sosialisasi peraturan pengawasan penyelenggara pemilu Kepada Panwaslu kecamatan dan Perwakilan OKP, Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut dari anggota KPU Kabupaten Lahat, Dinas Catatan sipil Kabupaten Lahat, Internal Bawaslu dalam materi mensosialkan perbawaslu yang baru di tahun 2022. kegiatan dilaksanakan di Villa Seganti Setungguan milik  Pemda Kabupaten Lahat, Jumat ( 11/11/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya berharap kegiatan menjadi forum bersama dalam mensinergikan pemahaman guna membangun komitmen bersama mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas yang akan berlangsung aman dan lancar.Untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan peran serta dari semua lapisan masyarakat, termasuk para peserta yang hadir dalam kegiatan ini. lanjut Andra.

Selain itu, Andra juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan kepada para peserta sosialisasi tentang peraturan-peraturan dan regulasi terkait pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024.”Saya berharap peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, apalagi Narasumber yang kita hadirkan punya kompetensi dan kualifikasi dibidannya masing-masing”.

Ditambahkan Paigal Firdaus, SP.,MH Anggota Bawaslu Kabupaten Lahat Koordiv Penangan pelanggaran dan Data Informasi dalam materinya, beliau menjelaskan bahwa sebelum kita memaknai pasal dalam Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum sebaiknya kita harus memahami konsiderannya terlebih dahulu. Kebijakan Pengawasan merupakan keberadaan peran serta masyarakat dalam memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu. Paigal memaparkan 8 (delapan) Perbawaslu terbaru yang terbit di tahun 2022.

Upaya yang harus ditegakkan  guna mewujudkan pengawasan yang baik seperti menciptakan ruang partisipasi dan ekskpresi masyarakat, meningkatan mutu data dan informasi pengawasan pemilu, peningkatan pengetahuan dan keterampiilan pengawasan partisipatif, peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat, peningkatan pelibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif, mewujudkan pusat penelitian dan pengembangan pengawasan pemilu yang beritegritas.

Diakhir kegiatan, hadir ditengah-tengah para peserta sosialisasi peraturan pengawasan penyelenggara pemilu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Yenli Elmanoferi. Dalam kesempatannya beliau menyapa seluruh panwascam yang hadir, beliau menyampaikan bahwa ini awal pertemuan pasca Panwascam Se- Kabupaten Lahat dilantik. Beliau menambahkan agar kiranya jajaran Panwaslu kecamatan agar senantiasa kompak dan saling mendukung agar semakin solid dalam menjalankan tugas pengawasan. Sebelum menutup acara ketua Bawaslu Sumsel berpesan agar menyampaikan salam kepada anggota lain yang belum sempat hadir.