Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Lahat Bersinergi dengan Kepolisian

Bawaslu Lahat Bersinergi dengan Kepolisian

LAHAT-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lahat berkunjung Ke Polres Lahat, Kunjungan tersebut guna bersilaturahmi dengan pihak kepolisian di Kabupaten Lahat. Pada kunjungan tersebut, rombongan disambut hangat oleh Kapolres Lahat beserta jajaran, Rabu (16/07/20).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsyah, S.Pd,. M.Pd Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Anggota Bawaslu Lahat Sepsata Andrian, S.E,. M.H Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Paigal Firdaus, S.P Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Sismawati, S.E Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Amrul Husni, S.Pd.I Koordinator Sekretariat Bawaslu Lahat.

Kapolres Lahat, AKBP. Irwansyah, SIK MH CLA menegaskan bila pihaknya siap bersinergi dengan Bawaslu Kabupaten Lahat dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Lahat nantinya. Menurutnya, bersinergi dengan penyelenggara Pemilu merupakan salah satu tugas pokok Polri, Polres Lahat selalu siap menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. hal ini mengingat bahwa dalam kinerja, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lahat secara intens melibatkan unsur kepolisian yang tergabung dalam kelompok kerja di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

“Kami siap bersinergi dengan Bawaslu, komunikasi yang sudah terjalin bisa terus ditingkatkan, guna pencapaian politik di Kabupaten Lahat yang lebih baik” Ujar AKBP. Irwansyah, SIK MH CLA, selaku Kapolres Lahat”. Ketika menerima kunjungan Ketua beserta Anggota Bawaslu Kabupaten Lahat,

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah, S.Pd,. M.Pd memperkenalkan komisioner Bawaslu dan jajaran secretariat Bawaslu Lahat, Andra juga menerangkan tentang perubahan status Bawaslu yang dahulu Panwaslu menjadi Bawaslu. Disamping perubahan status adhoc ke badan permanen, Bawaslu juga diberi kewenangan untuk menyelesaikan sengketa proses pemilu. Diantaranya dengan mediasi dan ajudikasi.

“kedepan, Peradilan Pemilu tergolong hal baru bagi kami. Dengan latar belakang kami yang berbeda-beda, dukungan kepolisian sangat diperlukan,” terangnya.

Selain merupakan momen silaturahmi dengan Polres Lahat, Bawaslu Kabupaten Lahat dan Polres Lahat secara integrasi mengevaluasi proses pemilu sebelumnya serta rencana agenda pemilu  mendatang. Pembahasan tersebut dilaksanakan agar dapat meningkatkan kinerja dan kerjasama serta mempersiapkan secara matang pada pemilihan umum di Kabupaten Lahat nantinya. (edit)